Mulai dari Diri Modul 2.3 (Pengetahuan Awal Supervisi Akademik)

 


1.     Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Tahun 2019 adalah kali pertama saya mengabdikan diri sebagai pendidik di SDN 1 Ciharalang, dan pada tahun yang sama saya juga langsung diobservasi terkait praktik pembelajaran di kelas oleh Kepala Sekolah yaitu Ibu Parmini Pujiaswati, S.Pd., M.Pd.. Yang dirasakan pada waktu pelaksanaan observasi, cukup grogi tapi akhirnya lambat laun bisa menguasai diri dan praktik pembelajaran berjalan alami. Saya juga merasa senang karena pimpinan bisa langsung memberikan saran dan kritik secara langsung sehingga saya bisa memperbaiki praktik pembelajaran sesuai masukan atau saran dari pimpinan.

2.     Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pada saat pelaksanaan observasi, saya berusaha menunjukkan performa dan metode pembelajaran terbaik yang saya kuasai, misalnya dengan metode diskusi dan lain sebagainya. Saya juga memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolah, misalnya laptop, infocus, layar, dan audio. Pada saat observasi saya mendapat saran dan kritik terutama terkait kelengkapan administrasi pembelajaran.

Pasca observasi, saya langsung memperbaiki kekurangan yang disampaikan pimpinan, misalnya melengkapi administrasi pembelajaran. metode pembelajaran yang bervariasi agar kelas lebih hidup.

3.     Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Selama ini Ketika pimpinan melakukan supervisi, mereka hanya fokus pada administrasi pembelajaran yang sifatnya formalitas, yang saya pimpinan pimpinan juga memodelkan proses pembelajaran yang beragam, berpihak pada murid, dan juga kreatif, sehingga pendidik tidak hanya disibukan dengan administrasi, tetapi juga diberikan pengetahuan terkait kegiatan nyata di kelas.

4.     Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan pengawasan, dimana posisi Anda berhubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saya berada pada posisi kepala sekolah terkait gambaran ideal point 3, maka posisi saya berada di level 5.

5.     Aspek apa saja yang Anda perlukan untuk dapat mencapai situasi yang ideal itu?

Aspek yang perlu saya tingkatkan adalah pemahaman terkait model, metode dan strategi pembelajaran yang perlu terus dipelajari difahami dan dipraktikan baik di kelas maupun praktik sesama rekan sejawat.

6.     Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini, saya berharap bisa memahami dan mempraktikan kegiatan Coaching dengan alur TIRTA, yang akhirnya saya bisa menjadi pemimpin pembelajaran di kelas dan juga bagi rekan sejawat.

7.     Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini diantaranya adalah materi coaching yang mudah dipahami, dilanjutkan dengan kegiatan praktek coaching agar lebih bermakna. Manfaat yang diharapkan dari materi ini diantaranya adalah saya bisa mempraktikan kegiatan Coaching dengan alur TIRTA, yang akhirnya saya bisa menjadi pemimpin pembelajaran di kelas dan juga bagi rekan sejawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini