Arabic Speech



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلّهِ الذِّ اَحَلَّ الطَّيِّبَاتِ, مِنَ الْمئاكُوْلاَتِ وَالمَشْرُوْبَاتِ وَالْمَشْمُوْمَاتِ. وَحَرَّمَ عَلَيْنَا المُحَرَّمَاتِ مَنَ الْخَبَائِثِ وَالْمُشْكِرَاتِ وَالمُخَدَّرَاتِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّ الله يَعْلَمُ مَا يَصْلُهُ النُّفُوْسَ وَمَايَصْلُهُ الاَجْسَادَ . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الذِّ يَنْهَانَا عَمَّا فِيْهِ اِسْكَارٌ وَاِفْتَارٌ. فَصَلَوَاتُ الله وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ الاَخْيِارِ, الذِّيْنَ غَدَوْا اَجْسَامَهُم بِطِيْبِ الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ, وَغَدَوْا اَرْوَاحَهُمْ وَعُقُوْلَهُم بِاَيِّ الْكِتَبِ
 أَمَّا بَعْدُ.
فَياَ اَيُّهاَ الْخُطَبَاءُ الْكُرَمَاءُ ، وَياَإِخْوَانِىْ رَحِمَكُمُ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالىَ .اَوَّلاً هَياَّ نَشْكُرُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لِاَنَّ بِعِناَيَتِهِ وَبِرَحْمَتِهِ نَسْتَطِيْعُ اْلآنَ اَنْ نَجْتَمِعَ فِى هذاَ الْمَكاَنِ الْمُبَارَكِ. وَلاَ اَنْسَى أَنْ اَشْكُرَ رَئِيْسَ الْجَلَسَةِ عَلَى الْفُرْصَةِ الْمَحْدُوْدَةِ الَّتِىْ اَعْطَانِيْهَا لاُلْقِيَ الْخُطْبَةَ فِى هذِهِ السَّاعَةِ.تَحْتَ الْمَوْضُوْعِ "حَيَاةٌ صِحِيَّةٌ بِدُوْنِ الْمُخَدَّرَاتِ"
قَال الله تَعَال: $ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$­ƒÎ)         crßç7÷ès?اِنَّمَ حَرَّمَ رَبِّيَ الفَوَحِشَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ.
 وَعَنْ اُمِّ سَلَمَة رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ :"نَهَانَا رَسُولُ الله عَنْ كُلِّ مُشْكِرٍ وَمُفْتَرٍ"  صَدَقَ الله العَظِيْم وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ الْكَرِيْمُ.
أيها الاخوة
اِنَّ الله لَمْ يَرَ طَيِّبًا اِلاَّ اَحَلَّهُ لَنَا, وَلَمْ يَرَ خَبِيْثًا اِلاِّ حَرَّمهُ عَلَيْنَا, وَهَذَا لاَِنَ اللهَ يُرِيْدُ خَيْرَنَا وَلاَ يُرِيْدُ فَسَادَنَا, يُرِيْدُ مَصْلَحَتَنَا وَلاَ يُرِيْدُ هَلَكَنَا. وَاِذَا كَانَ الاَمْرُ كَذَالِكَ, يَجِبُ عَلَي كُلِّ مُؤْمِنٍ بِاالله اَنْ يَتَنَاوَلَ الطَّيِّبَاتِ وَلاَ يذْهَبُ اِلىَ الْمُحَرَّمَاتِ.
هَلْ يَلِيْقُ بِشُبَّانٍ زَعَمُوْا الاِسْلَمَ فَيَتَمَتَّعُوْنَ بِالْمُحَرَّمَاتِ؟ وَهَلْ يَلِيْقُ بِشُبَّانٍ اَمَنُوْ بِالْقُرْان فَيَشْرَبُوْنَ  الحَشِيْشَ وَالْكَوْكَابِيْنَ ؟ وَهَلْ يَلِيْقُ بِشُبَّانٍ اِقْتَدُوا بِخَيْرِ الاَنَامِ فَيَشُمُّونَ الاَفِيُوْنَ وَالهِرُوِيْنَ ؟ هَلْ يَلِيْقُ بِشُبَّانٍ  صَدَقُوْ بِحِكْمَةِ الرَّحْمَنِ فَيَتَنَوَلُوْنَ المُشْكِرَاتِ وَالْمُخَدَّرَاتِ ؟ فَيَا اَجْيَالُ الاِسْلاَمِ, اِنَّكُمْ اَمَلُ الْمُسْلِمِيْنَ, فَلاَ تَذْخُلُوْا حِزْبَ الْمَجَانِيْنَ, فَيَا رِجَالَ الاِْيْمَانِ, اِنَّكُمْ رَجَاءُ الْمُؤْمِنِيْنَ, فَلاَ تَكُوْنُوا مِنَ الْقَاتِلِيْنَ الظَّالِمِينَ وَاِذَا كُنْتُمْ مُدْنِيْنَ بِاالْمُشْكِرَاتِ وَالْمُخَدَّرَاتِ فَاِنَّ الله سَلَّطَ عَلَيْكُمْ جَيْشًا مِنَ الاَمْرَاضِ القَاتِلَةِ , تُضْعِفُ اَجْسَمَكُمْ وَتُسْلِبُ عُقُوْلَكُمْ, وَتُبَدِّدُوا اَمْوَالَكُمْ, وَتُخْرِجُ اَرْوَاحَكُمْ مِنْ اَبْدَنِكُمْ.
يَامَنْ يَشُمُّ الحَشِيْشَ  وَالْكَوْكَابِيْنَ, اَتَرْضَى اَنْ تَكُوْنَ لَكَ رَئْسٌ بِلاَ عَقْلٍ, وَدِمَاغٌ بِلاَ مُخٍّ, وَوَجْهٌ بِلاَ اَنْفٍ, وَبَشَرَاةٌ بِلاَ جَمَالٍ, وَيَدٌ بِلاَمَالٍ, وَجَسَدٌ بِلاَ رُوْحٍ ؟ يَامَنْ يَشُمُّ الاَفِيُوْنَ وَالهِرُوِيْنَ, اَتَرْضَى اَنْ تَكُوْنَ مِنَ الْفُقَرَءِ المُتَسَكِّعِيْنَ, بَعْدَ اَنْ كُنْتَ مِنَ الاَغْنِيَاءِ المُحْتَرِمِيْنَ ؟
يَامَنْ يَشْرِبَ المُشْكِرَاتِ وَالْمُخَدَّرَاتِ, اَتَرْضَى لِنَفْسِكَ اِسْرَافًا فَتَبِيْعُ الْبَيْتَ لاَجْلِهَا وَتَعِيْسُ اَنْتَ وَاُسْرَتُكَ تَحْتَ الْجِسْرِ. اَتَرْضَى اَنْ تَجْلِسَ فِيْ زُمْرَةِ الْحَشَّاشِيْنَ فَتَبِيْعُ سَاعَتَكَ, وَتَبِيْعُ ثَوْبًايَسْتُرُ عَوْرَاتَكَ؟
كَلاَّ, كَلاَّ يَا اَمَلَ اْلاِسْلاَمِ, لاَتَكُنْ مَيِّتًا قَبْلَ الْمَوْتِ, لاَتَقْتُلْ نَفْسَكَ, وَلاَتَقْتُلْ غَيْرَكَ, وَاِذَا كَانَ الْقَتْلُ جَرِيْمَةً شَنِيْعَةً فَاِنَّ شُرْبَ اْلاَفِيُّوْنَ وَالهِرُوِيْنَ قَتْلٌ فَاجِعٌ وَلَوْ كَانَ بَطِيْئًا. وَاِذَا كَانَ اْلاِنْتِحَارُ جِنَيَةٌ فَظِيْعَةٌ, فَاِنَّ شُمَّ الْحَشِيْشَ وَالهِرُوِيْنَ اِنْتِحَارٌ مُؤْلِمٌ وَلَوْ كَانَ تَدْرِيْجًا.
أيها الاخوة
كَمْ مِنْ شَارِبٍ المُشْكِرَاتِ يَعْتَقِدُ اَنَّهَا تُفَرِّجُ الكُرُوْبَ, وَكَمْ مِنْ شَارِبٍ الْمُخَدَّرَاتِ يَعْتَقِدُ اَنَّهَا تُنَبِّهُ حِسَّهُ, وَتُفَرِّحُ لَيْلَهُ حَتَّى يَطُوْلَ فِيْ التِّمَتُعِ بِاالشَّهَوَاتِ وَلاَ تَشْعُرُ بِاَنَّهَا غَارِقٌ فِى الْمُحَرَّمَاتِ فَيُهَدِّمُ جِسْمَهُ, وَيُفْسِدَ اَخْلاَقَهُ, وَيُهْلِكُ اَغْرَاضَهُ, فَيَعِيْشُ فِي مَقْبَرَةٍ مِنْ مَقَابِرِ الاَحْيَاءِ.
وَاللهِ اِنَّ الْعَذَابَ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَعَذَابُ الاَخِرَةِ اَشَدُّ. رَوَى الاِمَامُ اَحْمَدُ وَابْنُ مَاجَه عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ  " لاَضَرَرَوَلاَضِرَارَ".
اِذَنْ اَيُّهَا الشَّبَابُ, عَلَيْكُمْ اَنْ تَجْتَنِبُوْا الْمُخَدَّرَاتِ وَغَيْرِهَا لِتَعِيْشُوا فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَيَرْضَ لَكُمْ رَبُّكُمْ.
   
ايها الاخوة رَحِمَكُمُ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالىَ. اَكْتَفِىْ كَلاَمِىْ فِىْ هذِهِ النَّهَارِ وَاَطْلُبُ مِنْ سُوَيْدَاءِ قُلُوْبِكُمْ الْعَفْوَ. إِذَا وَجَدْتُمْ مِنَ الْخُطْبَةِ أَنِفًا الْخَطَّاتِ . ِلأَنَّ اْلاِنْسَانَ مَحَلُّ الْخَطَاءِ وَالنِّسْيَانِ.
إِلىَ اللِّقَاءِ فِىْ وَقْتٍ آخَرَ. وَأَخِيْرًا اَقُوْلُ لَكُمْ اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِىْ بِتَقْوَى اللهِ. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ.



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ
Segala puji bagi Alloh, tuhan yang menghalalakan yang baik2, yaitu makanan, minuman dan harum-haruman. Dia mengharamkan kepada kita segala sesuatu yang menjijikan, memabukan dan merusak akal. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Alloh yang mengetahui apa-apa yang bisa membaikan jiwa dan jasad manusia. saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rosulnya yang melarang kita mengkonsumsi segala sesuatu yang bisa membuat kita mabuk dan pikiran melayang layang.
Rahmat Alloh senantiasa tercurahkan kepada nabi kita muhaammad SAW. Seluruh keluarga dan para sahabatnya. Mereka adalah orang-orang yang memberi makan tubuh kita dengan makanan dan minuman yang baik-baik. Ruh dan akal mereka diberi makan cahaya kitab suci.
 أَمَّا بَعْدُ.
Para da’I yang terhormat dan saudaraku rohimakumulloh.
Pertama-tama marilah kita bersyukur kehadirat Alloh SWT, karena dengan inayah dan rohmatnya –Nya, kita bisa berkumpul di tempat yang berkah ini. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pembawa acara  yang telah memberikan saya waktu untuk menyampaikan pidato dalam kesempatan yang baik ini dengan judul “ Hidup sehat tanpa Narkoba”
Alloh SWT. Berfirman :
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$­ƒÎ) šcrßç7÷ès?
Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah”.

ö@è% $yJ¯RÎ) tP§ym }În/u |·Ïmºuqxÿø9$# $tB tygsß $pk÷]ÏB $tBur z`sÜt/
Sebuah riwayat dari Ummu Salamah diceritakan bahwa Rasulloh SAW. Melarang kita mengkonsumsi dari setiap barang yang memabukan dan membuat tidak sadar. Maha benar Alloh dan Rosulnya dengan segala firmannya.
Saudar-saudara sekalian !
Sesungguhnya Alloh tidak melihat yang baik kecuali menghalalkannya pada kita, tidak melihat yang keji kecuali mengharamkannya pada kita. Inilah hukum alloh, mengapa demikian ? karena alloh hanya menghendaki kebaikan kita dan tidak menghendaki kerusakan kita. Dia menghendaki kemaslahatan kita dan tidak menginginkan kehancuran kita. Jika persoalannya demikian, maka setiap muslim wajib mengkonsumsi yang baik-baik saja, dan tidak boleh mendekati yang diharamkan.
Saudar-saudara sekalian !
Apakah layak seorang pemuda yang mengaku islam, lalu menikmati hal-hal yang diharamkan ? apakah patut pemuda yang mengaku percaya dengan kebenaran al qur’an, lalu menghirup ganja dan kokain ? apakah patut seorang pemuda yang mengaku meneladani Rasullulloh, lalu menenggak opium dan heroin ? apakah bisa dibenarkan para pemuda yang mengaku membenarkan hikmah alloh, tetapi mengkonsumsi sesuatu yang memabukan dan obat-obatan terlarang ?
Wahai pemuda islam, kalian adalah cita-cita kaum muslimin ! maka jangn sekali-kali kalian masuk golongan para pendurhaka !
Wahai para kesatria beriman, kalian adalah harapan orang2 mukmin, janganlah kalian menjadi pembunuh diri sendiri. Jika kamu menjadi pemabuk dan pecandu obat-obatan terlarang, maka alloh pasti mengirimkan pasukan pembunuh berupa berbagai macam penyakit yang mematikan. Pasukan yang ganas itu mencengkram tubuh kalian, memperlemah, lalu mencabut akal kalain, memporak porandakan harta kalian, dan kemudian mencabut nyawa kalian.
Hai para penghisap ganja dan kokain, apakah kamu rela memiliki kepala tanpa akal, batok kepala tanpa otak, wajah tanpa hidung, kulit tanpa keindahan, tangan tanpa harta dan jasad tanpa ruh?
Hai para penghirup opium dan heroin, apakah kamu senang menjadi orang fakir yang tenggelam dalam kebatilan setelah menjadi orang kaya yang bergelimang harta haram ?
Hai orang yang meminum minuman keras dan obat-obatan terlarang, apakah kamu senang menjadi orang yang melampaui batas, lalu menjual rumah yang menjadi tempat tinggal kamu dan keluargamu, sehingga kamu dan keluargamu akhirnya tinggal di kolong jembatan? Apakah kamu rela duduk terpekur seperti orang linglung bersama orang-orang yang kecanduan narkotika, lalu kamu menjual arloji, pakaian dan benda berharga lainnya ?
Sekali-kali janganlah kamu melakukan demikian, hai para pemuda harapan islam ! janganlah menjadi mayit sebelum mati, jangan membunuh dirimu, jangan membunuh orang lain ! jika pembunuhan termasuk perbuatan kriminal yang sangat keji, maka menenggak opium dan heroin adalah pembunuhan yang lebih keji dan sadis, walupun yang dibinuh adalah jiwa. Jika bunuh diri dihukumi perbuatan kriminal yang jahat, maka menghirup ganja dan heroin adalah bunuh diri yang lebih jahat walupun prosesnya bertahap.
Berapa banyak pemabuk yang percaya bahwa minuman keras dapat menghilangkan kekalutan, berapa banyak pengenggak obatan-obatan terlarang merasa yakin bahwa ganja, heroin dan sejenisnya bisa membangkitkan perasaan, menjadikan malam terasa menyenangkan, sehingga sepanjang malam berenang dalam kenikamatan syahwat, padahal ia tidak merasa jika sedang tenggelam dalam perbuatan haram, lalu lambat laun menikam tubuhnya sendiri, merusak akhlaknya, menghancurkan tujuan hidupnya lalu hidup dalam kuburan orang yang masih hidup.
Demi alloh! Sesungguhnya perbuatan terkutuk itu adalah siksaan hidup di dunia, dan siksaan di akhirat jauh lebih dahsyat. Imam Ahmad dan Ibnu Majah menuturkan sebuah riwayat dari Ibnu Abbas RDA. Yang berkata, Rasululloh SAW. Bersabda :
لاَضَرَرَوَلاَضِرَارَ
tidak membahayakan dan tidak dibahayakan”
Dengan demikain wahai para pemuda, jauhilah narkoba dan sejenisnya, supaya kamu sekalian hidup dalam keadaan sehat wal afiat dan dalam ridho tuhannmu.
Saudara-saudara, saya cukupkan sekian kata-kata dari saya hari ini dan mohon  maaf dari Jika ada kesalahan dari khotbah.Karena manusia tempatnya salah dan lupa. Sampai jumpa di lain waktu.



Pidati ini di kutip dai buku "pidato 3 bahasa "karangan Umar Faruq, Zainul Ridha, Fanani, dan Thayyibah. Terbitan Pustaka mEDIA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 3.1